• Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi USU
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi USU
  • PRA MUSRENBANG FIB USU 2019
    PRA MUSRENBANG FIB USU 2019

    Hotel Grand Kanaya

  • BINTANG USU
    BINTANG USU
  • TALENTA USU
    TALENTA USU
  • Foto Bersama Pimpinan Fakultas
    Foto Bersama Pimpinan Fakultas
  • SEMINAR NASIONAL BUDAYA POPULER
    SEMINAR NASIONAL BUDAYA POPULER
  • INTERNATIONAL CONFERENCE
    INTERNATIONAL CONFERENCE
  • Orasi Ilmiah : DIRJEN KEBUDAYAAN Dr. Hilmar Farid
    Orasi Ilmiah : DIRJEN KEBUDAYAAN Dr. Hilmar Farid
  • MUSRENBANG FIB USU
    MUSRENBANG FIB USU
  • Foto Bersama Pimpinan dengan Pegawai
    Foto Bersama Pimpinan dengan Pegawai
  • Halaman Depan FIB.USU
    Halaman Depan FIB.USU
  • Tampilan Depan Fakultas Ilmu Budaya USU
    Tampilan Depan Fakultas Ilmu Budaya USU
  • Monitoring dan Evaluasi
    Monitoring dan Evaluasi

       Monitoring dan evaluasi dilakukan melalui mekanisme penyelenggaraan program studi dengan membuat laporan evaluasi diri (LED) sesuai Surat Keputusan Dirjen Dikti No.034/Dikti/Kep/2002. LED ini dibuat pada setiap akhir semester. Di samping itu, PSSI memiliki Manual prosedur (SOP) Penilian Kinerja Dosen yang disusun oleh GKM PSSI.

Dekan FIB USU Harapkan Mahasiswa Menulis

FIB-USU. Komunitas Sastra Padang Bulan (KSPB) menggelar Sarasehan Sastra ber­tajuk Sastra dan Kearifan Lokal, baru-baru ini di Gedung Pagelaran Fakultas Ilmu Bu­­daya (FIB) USU. Kamis (9/11). Kegiatan yang menam­pil­kan empat pembicara, yakni Dedy Rah­mat Sitinjak, Arie Azhari Nasution, Emma Marsela Perangin-angin dan Nuriza Aulia Tami itu dihadiri puluhan mahasiswa, Dekan FIB USU Dr Budi Agustono dan Ketua Program Studi Sastra Melayu Rozana.
Dr Budi Agustono yang membuka ke­giatan me­nyambut baik kegiatan dari KSPB. Me­nurutnya kegiatan diskusi ringan yang mengam­bil tema sastra dan budaya ha­rus sering dilakukan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU.

“Ke depan saya kira perlu dibuat pe­latihan menulis. Saya ingin mahasiswa FIB USU menu­lis karya. Apa saja, yang penting ber­krea­tivitas, budaya literasi di sini harus di­tingkatkan seiring dengan kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan,” ujar dekan yang sering menulis artikel di media massa ini.

Dijelaskan, dengan menulis maka maha­siswa akan eksis. Untuk bisa menulis diperlu­kan latihan dan bacaan-bacaan yang juga memiliki kualitas, pelatihan secara ru­tin harus segera dibuat KSPB agar ke­mam­puan menulis mahasiswa FIB USU sema­ki­n terasah.

Sepanjang kegiatan mahasiswa adalah kegiatan positif, imbuhnya, pihak dekanat akan mendukung penuh. Namun sebalik­nya, bila diketahui mahasiswa FIB USU melakukan kegiatan yang bersifat negatif, maka akan diambil tindakan yang tegas.

“Kita ingin fakultas kita diisi dengan kegiatan positif seperti ini. Mahasiswa FIB USU harus kaya kreativitas, jangan justru berbuat hal-hal yang negatif,” katanya.

Direktur Eksekutif KSPB Bambang Riyanto menjelaskan, kegiatan sarasehan sastra yang dibuat hanyalah salah satu agen­da rutin dari KSPB. Rencananya, kegiatan-ke­giatan sastra dan budaya akan digelar se­cara rutin sebulan sekali dengan meng­hadirkan pembicara-pembicara yang berbeda.

“Kali ini kita menampilkan pembicara dari staf pengajar muda yang banyak melakukan kreativitas. Emma Marsela adalah dosen tetap Sastra Indonesia, Dedy Rahmat Sitinjak merupakan staf pengajar honorer di Sastra Melayu yang telah menerbitkan dua novel.

Arie Azhari lulusan magister berprestasi dari UGM yang mengambil konsentrasi sas­tra dan Nuriza Auliatami yang banyak mem­buat kegiatan sastra dan budaya,” ujarnya.

Dijelaskan, dengan menampilkan pem­bi­cara muda seperti mereka, diharap­kan para mahasiswa mau ikut bergabung di KSPB dan berproses bersama untuk melahirkan karya-karya sastra.

“KSPB ini turut dibentuk oleh beberapa senior alumni di antaranya Dekan FIB USU Dr Budi Agustono, Ketua Program Studi Sastra Indonesia Haris Sutan Lubis, dosen senior OK Irwansyah, pegiat komunitas Jawa Deli (JeDe) Yono USU serta pegiat sastra yang kini Komisioner KPU Sumut Yulhasni dan lain sebagainya,” katanya.

Program KSPB ke depan, imbuhnya, akan menghadirkan senior-senior tersebut dengan mengetengahkan isu-isu sastra dan bu­daya terkini. Tujuannya adalah agar geliat literasi sastra dan budaya di FIB USU, khususnya, dan Kampus Padang Bu­lan (USU) umumnya dapat bergairah kem­bali. Seperti yang dikutip di harian.analisadaily (sari ramadhani/aimd)

Pengumuman

Main Menu