Adult Search
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi USU
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi USU
  • PRA MUSRENBANG FIB USU 2019
    PRA MUSRENBANG FIB USU 2019

    Hotel Grand Kanaya

  • BINTANG USU
    BINTANG USU
  • TALENTA USU
    TALENTA USU
  • Foto Bersama Pimpinan Fakultas
    Foto Bersama Pimpinan Fakultas
  • SEMINAR NASIONAL BUDAYA POPULER
    SEMINAR NASIONAL BUDAYA POPULER
  • INTERNATIONAL CONFERENCE
    INTERNATIONAL CONFERENCE
  • MUSRENBANG FIB USU
    MUSRENBANG FIB USU
  • Foto Bersama Pimpinan dengan Pegawai
    Foto Bersama Pimpinan dengan Pegawai
  • Tampilan Depan Fakultas Ilmu Budaya USU
    Tampilan Depan Fakultas Ilmu Budaya USU
  • Terlihat Samping
    Terlihat Samping

       Terlihat dari samping, halaman depan FIB USU

PENGUKUHAN GURU BESAR PROGRAM STUDI SASTRA ARAB FIB USU

FIB-USU. Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara telah menambah Guru Besarnya atas nama Prof. Dr. Khairina Nasution, M.S. Pengukuhan Senin (11/12) di Gelanggang Mahasiswa USU. Guru besar tersebut menjadi bukti bahwa USU melahirkan pakar-pakar baru di bidang ilmu pengetahuan untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Dengan demikian Prodi. Sastra Arab FIB. USU sudah 3 Guru besar tetapnya yang aktif.


Prof. Dr. Khairina Nasution, M.S dalam orasinya menyampaikan materi berjudul “Bahasa Arab sebagai Pengembangan Bahasa dan Budaya di Indonesia”. Ia mengatakan, inti dari orasi ilmiahnya adalah, bahwa bahasa Arab memiliki peran besar memperkaya khazanah pembendaharaan kata bahasa Indonesia. Baik dalam konsep agama, budaya, sastra, filsafat, hukum, dan politik. Diakhir orasinya beliau mengatakan bahwa tidak akan pernah ada karya manusia yang sempurna. Al-Qur’an Surat Yusuf ayat 76 : Wa fauqa kulli zii ‘ilmin alim’, yang bermakna “Di atas segala orang yang berilmu, masih banyak lagi orang yang lebih alim dan pintar”.


Rektor USU Prof Runtung Sitepu mengaku sangat gembira dan bersyukur atas anugerah tambahan guru besar buat USU karena pada saat sekarang ini syarat-syarat untuk menjadi seorang guru besar sangatlah sulit. “USU terus melakukan program percepatan guru besarnya dengan berbagai program diantaranya pendampingan penulisan riset dan publikasi internasional serta bantuan dalam pendanaan risetnya,” katanya.


USU berupaya mempunyai kemandirian ilmu yang semakin kuat yang pada muaranya dapat menghasilkan para lulusan USU yang profesional dan berkompeten di bidang keilmuannya masing-masing Dia mengatakan, jabatan guru besar adalah jabatan fungsional tertinggi dalam kapasitas seseorang sebagai tenaga pendidik di perguruan tinggi. Jabatan profesor itu, menurut dia, juga merupakan satu wujud apresiasi dari pemerintah atas prestasi yang telah diraih oleh seorang dosen atau peneliti. Penetapan jabatan guru besar ini dilakukan setelah melewati proses penilaian terhadap etika dan moral akademik seorang tenaga pengajar, termasuk di dalamnya penilaian terhadap kinerja berdasarkan tiga poin penting dalam Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian.


"Melalui upacara pengukuhan ini, secara resmi telah diterima sebagai Anggota Tetap Dewan Guru Besar USU. Guru Besar yang baru dikukuhkan agar terus menghasilkan karya-karya terbaik. Sehingga dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara, secara khusus Sumut,” katanya.

IMG 20171211 120755

Setelah acara pengukuhan selesai, Prof. Dr. Kahirina Nasutin, M.S mengundang semua Keluarga Besar FIB USU untuk hadir ke kediamannya untuk makan siang bersama. (Aimd)


Pengumuman

Main Menu

Zip Locksmith